Berpikir positif, bersikap & bertindak bijak

THAWAF

Thawaf adalah berputarnya hati mengelilingi kesucian Ilahi. Demikianlah keadaan si pecinta bersama Sang Kekasih Pemberi aneka nikmat; meski Zat-Nya tak nampak, namun nikmat-nikmat-Nya jelas terlihat. Ka’bah yang dikelilingi lautan manusia yang diliputi keharuan bagaikan matahari yang menjadi pusat sistem tata surya dikelilingi bintang-bintang yang beredar dalam orbitnya. Ka’bah melambangkan konstansi dan keabadian Allah, sedang lautan manusia yang mengelilinginya melambangkan aktivitas dan transisi makhluk-makhluk-Nya yang terjadi secara terus menerus.

Ketika berthawaf, seseorang tidak dapat memasuki atau berhenti di sisi Ka’bah. Ia harus mencebur dan hilang di tengah lautan manusia. Ia harus terbenam dan hanyut dalam arus lautan manusia yang sedang bergerak mengelilingi Ka’bah. Hal ini mengajarkan bahwa jalan Allah adalah jalan manusia. Untuk menghampiri Allah terlebih dahulu seseorang harus harus menghampiri manusia. Untuk mencapai kesalehan seseorang harus benar-benar terlibat dalam masalah-masalah yang dihadapi umat manusia. Ia tidak boleh bersikap seperti seorang rahib yang memencilkan dirinya dalam biara. Ia harus terjun ke medan kehidupan dan terlibat secara aktif.

Karena jalan Allah adalah jalan umat manusia maka jalan ini tidak boleh ditempuh secara sendiri-sendiri melainkan harus secara bersamaan. Kebersamaan menuntut karya bakti, pengabdian, kemurahan hati, pengorbanan, dan menghilangkan egoisme. Setetes air yang tidak menjadi bagian dari sungai adalah embun. Keberadaannya sebentar saja karena ia akan hilang begitu matahari terbit. Seseorang tidak boleh seperti embun yang terpisah dari sungai. Ia harus ikut hanyut dalam aliran sungai menuju lautan dan menjadi abadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: